Rabu, 31 Juli 2013

MENGGALI HAKIKAT BERMATEMATIKA MELALUI TEORI KONTROL



Oleh Prof. Iwan Pranoto

Pidato disampaikan berdasarkan naskah Menggali Hakikat Bermatematika melalui Teori Kontrol. Secara ringkas, naskah ini menggambarkan pemikiran dan kepedulian yang tumbuh selama kami menjadi sivitas akademika di ITB, dan naskah ini mencakup gagasan-gagasan inti berikut:


1.   Hakikat bermatematika dipandang dari gagasan matematika sendiri, yakni dari persepsi fungsi dan estetika.
2.   Perkembangan Teori Kontrol dari sistem linear berdimensi hingga ke sistem berparameter terdistribusi yang berdimensi tak hingga, khususnya penelitian dalam sistem tak konservatif.
3.      Perkembangan sistem kontrol geometri tak linear yang menggabungkan berbagai cabang matematika.
4.      Penggunaan Teori Kontrol dan inspirasi fenomena swarm dalam upaya pengendalian sistem multi-agen di masalah transportasi, dan penggunaan algoritma optimasi berdasarkan swarm untuk penyelesaian masalah matematika dan terapannya.  
5.  Upaya pelestarian dan penguatan budaya bermatematika generasi mendatang di Indonesia serta implikasinya untuk pembangunan Indonesia berkelanjutan bermodalkan kecendikiaan di dunia tanpa batas.

Hari ini sesungguhnya merupakan satu pertanda penting dalam karir kami untuk mengingatkan kesungguhan dan pertanggungjawaban akademik sebagai guru besar kepada Bangsa Indonesia. Besar harapan kami, naskah dan pidato ini akan memicu banyak gagasan-gagasan lain yang lebih baik lagi dari akademisi lain dalam kebermatematikaan dan pemanfaatannya.  Wacana dan pemikiran-pemikiran baru itu akan menghela kejayaan Republik Indonesia di masa depan.[]

Download file:

0 komentar:

Posting Komentar