Senin, 19 Agustus 2013

MAHASISWA INDONESIA RAIH PERAK DAN PERUNGGU DALAM INTERNATIONAL MATHEMATICS COMPETITION (IMC) XX DI BLAGOEVGRAD

DIKTI - Yoshua Yonathan Hamonangan dari Universitas Indonesia meraih medali Perak (Second Price), sedangkan Yosef Giovanni Tjandra dan Taufik Akbari Utomo, dari ITB meraih medali Perunggu (Third Price) pada IMC XX yang berlangsung di Bulgaria tanggal 6-12 Agustus 2013.

Peserta IMC yang dikirim oleh Ditjen Dikti tahun ini sebanyak 8 mahasiswa yang merupakan hasil seleksi ON-MIPA bidang Matematika. Mereka berangkat didampingi oleh Ibu Maslina Sembiring (Dikti) dan Bapak Achmad Muchlis (ITB, Tim Leader). Sebelum berangkat peserta mengikuti latihan/try-out di Jakarta pada tanggal 28 Juli s.d. 4 Agustus 2012.


IMC dilaksanakan di American University in Bulgaria yang dibuka secara resmi oleh Prof. John E. Jayne (IMC President), dan dilanjutkan dengan rapat tim juri yang terdiri atas tim leader dari peserta. Peserta IMC ke 20 berjumlah 321 mahasiswa S1 dari 193 perguruan tinggi (44 negara). Jenis materi kompetisi adalah Algebra, Analysis (Real and Complex), Geometry and Combinatorics yang disajikan dalam bahasa Inggris.  Kompetisi dibagi menjadi 2 sesi (2 hari) setiap sesi dengan alokasi waktu 5 jam (08.30 s.d. 13.30).

Adapun hasil secara lengkap yang diumumkan pada acara penutupan tanggal 11 Agustus 2013, adalah sbb:

1.    Yoshua Yonathan Hamonangan, UI (Second-Perak)
2.    Yosef Giovanni Tjandra, ITB (Third-Perunggu)
3.    Taufik Akbari Utomo, ITB (Third-Perunggu)
4.    Bernard Immanuel, UI (Hon Man)
5.    Kistosil Fahim, ITS (Certificate)
6.    Muh Ardyansyah, UGM (Certificate)
7.    Ni Luh Dewi Sintiari, Undiksha (Certificate)
8.    Sofihara Al Hazmy, UPI (Certificate)

Sebagaimana kebijakan Kemdikbud sejak tahun 2009, mahasiswa peraih medali Perak akan mendapat beasiswa sampai tingkat Magister. Tanggal 12 Agustus 2013 peserta kembali ke tanah air diantar oleh staf KBRI untuk Sofia, Bulgaria. Tim tiba di Indonesia pada tanggal 13 Agustus 2013 dengan selamat. []


Sumber: http://www.dikti.go.id/?p=11072&lang=id

0 komentar:

Posting Komentar