Kamis, 17 April 2014

BELAJAR MATEMATIKA MAKIN MENYENANGKAN DENGAN ORIGAMI


SURABAYA (Surabaya Pagi) – Origami adalah seni melipat kertas Jepang. Berasal dari kata Jepang “ori” yang berarti melipat dan “gami” yang berarti kertas. Origami merupakan kegiatan yang melibatkan motorik, afektif dan kognitif yang dapat memacu daya imajinasi bidang dan ruang orang yang melakukannya.

Hal ini sangat membantu siswa dalam belajar geometri. Mathainment (mathematic entertainment) berupa belajar matematika menggunakan media origami atau biasa yang disebut kertas lipat.


“Matematika adalah salah satu pelajaran yang sebagian siswa mengalami kendala dalam mempelajarinya baik rumus maupun aplikasi,” tutur Dr. Hazrul Iswadi, S.Si, M.Si, pemateri dalam workshop Mathainment, Sabtu (12/4).

Workshop Mathainment ini sebagai rangkaian dari kegiatan Bulan Berbagi Ilmu Menuju Surabaya Cerdas dan Terampil yang di gagas Program Kekhususan Sistem Informasi, Jurusan Teknik Informatika Ubaya.

“Harapannya siswa dapat terlatih dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi dan mampu menjawab dengan terstruktur dan sistematis,” kata Soleh Hadi Setyawan, S.T.,M.Kom, Ketua Panitia.

Soleh juga menambahkan, dengan menggunakan origami ini siswa dapat mampu menyelesaikan masalah geometri ini. Bentuk polyhedron menjadi hasil kumpulan liputan origami. Para peserta siswa SMA ini berkelompok dan menggabungkan hasil lipatan individu menjadi polyhedron. Bentuk akhir peggabungan lipatan origami tersebut merupakan bentuk bola.

Dhiani Tresna Absari selaku penanggung jawab juga menambahkan, rangkaian workshop yang diselenggarakan hingga tanggal 29 April 2014 bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM generasi muda khususnya di Surabaya.

”Melalui pembekalan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan mampu memberikan nilai tambah dan daya saing serta daya tahan dipersaingan dunia nyata,” katanya.

Sumber: http://www.surabayapagi.com/index.php?read=Belajar-Matematika-Makin-Menyenangkan-dengan-Origami;3b1ca0a43b79bdfd9f9305b812982962c3224987efe9e3a5e096ce9304dcffb0

0 komentar:

Posting Komentar