Rabu, 08 April 2015

BEGINI CARA MUDAH MENGUASAI MATEMATIKA

Eki Tirtana Zamzani
Pengajar matematika di The House of Training Center (HTC) Mojokerto
fb.com/ekitirtanazamzani

MATEMATIKA itu mudah! Tidak percaya? Pengalaman mengajar matematika di tempat kursus ternyata sangat menantang. Pengajar dituntut untuk bisa mengajar dengan metode semenarik mungkin. Salah satu media pembelajaran yang diterapkan adalah mind mapping atau peta konsep.


Mind mapping ini adalah media pembelajaran yang memanfaatkan kombinasi garis, gambar, dan warna. Setiap materi pada pelajaran matematika dirangkum di papan tulis dengan menggunakan skema dan gambar yang menarik. Sehingga media pembelajaran ini akan memudahkan siswa menghafal dan mengingat rumus-rumus pada pelajaran matematika.

Kegiatan belajar-mengajar di tempat kursus lebih fokus dalam membimbing siswa. Karena di setiap kelasnya maksimal terdiri hanya ada enam siswa. Kemampuan siswa yang berbeda-beda membuat pengajar harus bisa membimbing siswa sesuai  tingkatannya. Khusus siswa kelas 3 SMP disediakan satu kelas dengan tiga papan tulis.

 Biasanya dibuat mind mapping terlebih dahulu, lalu memberikan contoh soal beserta pembahasannya. Setelah itu pengajar meminta siswa maju serempak ke depan kelas untuk mengerjakan soal yang tipenya sama dengan angka yang berbeda di masing-masing papan tulis.

Pengajar akan membahasnya bila ada siswa yang melakukan kesalahan dalam pengerjaan soal. Dengan metode ini pengajar bisa mengamati kemampuan setiap siswa dalam memahami materi yang diajarkan di setiap pertemuan.    

Siswa yang kemampuannya biasa-biasa saja tapi sikapnya yang sopan terhadap guru dan rajin datang ke tempat kursus memang memiliki nilai lebih. Dengan kesungguhannya  belajar di tempat kursus, pengajar merasa termotivasi untuk bisa selalu memberikan sistem pengajaran yang terbaik buat mereka agar hasilnya memuaskan.

1 komentar: