Senin, 27 April 2015

PROF. DR. IRWIN YOUSEPT, SANG JENIUS ASAL TANAH AIR YANG SUKSES BERKIPRAH DI JERMAN



Menginjakkan kaki di Jerman 14 tahun silam dengan bermodalkan semangat keras untuk menekuni dunia matematika, kini pria 33 tahun ini telah menjadi Full Profesor (W3) di Universitas Duisburg-Essen, Jerman dan telah mendapatkan 4 penghargaan ilmiah bergengsi di Eropa. Karirnya yang cemerlang di dunia akademik Jerman, tak lepas dari kerja keras dan kegigihannya hingga mencapai level puncak seperti saat ini.


Awal ceritanya bermula dari hijrahnya pria yang bernama asli Irwin Yousept ini ke Jerman ditahun 2001 untuk melanjutkan keinginannya berkuliah di teknik Kimia pada universitas Jerman. Namun seiring waktu, ketertarikannya di bidang Matematika dan Ilmu Komputer berkembang semasa dia mengikuti Studienkolleg di negeri ‘der Panzer’ ini.

Alhasil, dirinya yang ketika itu masih berusia 19 tahun langsung memantapkan pilihannya untuk mengambil program studi Matematika di Technical University of Berlin sejak tahun 2002. Tak tanggung-tanggung, Yousept hanya membutuhkan waktu dua setengah tahun untuk merampungkan program sarjana strata I dan II nya dari universitas yang berdiri sejak tahun 1946 yang berlokasi di jantung ibukota Jerman.

Setelah resmi menggondol titel Diplom in Mathematik (selevel dengan S2), di tahun 2005, Yousept mendapatkan penghargaan tesis terbaik dari Dies Mathematicus Prize di TU Berlin dan penghargaan Erwin Stephan Prize di tahun 2006 karena berhasil lulus tercepat dari jurusannya, padahal, rata-rata kelulusan dari jurusan matematika saat itu adalah 10.8 semester (5.4 tahun). Berbekal kedua penghargaan tadi, dia pun melanjutkan karir akademiknya ke jenjang S3 di institusi yang sama sembari bekerja sebagai peneliti dari tahun 2006 sampai Juli 2008.

Lagi-lagi, dia menunjukkan keuletannya dalam dunia matematika dengan hanya membutuhkan dua setengah tahun untuk mendapatkan gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) di bidang matematika dari TU Berlin. Akhirnya promosi doktoral pun datang menghampiri di bulan Agustus 2008, dan langsung dilanjutkan dengan menjajal sebagai dosen tamu (Guest W2-Professor) di University of Augsburg di Bavaria.

Sumber: http://www.blusukan.de/2015/04/09/prof-dr-irwin-yousept-sang-jenius-asal-tanah-air-yang-sukses-berkiprah-di-jerman/

1 komentar: