Selasa, 05 Mei 2015

TIM UI RAIH GELAR JUARA DI AJANG MATEMATIKA NASIONAL “MAG-D 2015”

Tim Matematika Universitas Indonesia meraih juara pertama dalam kompetisi matematika nasional “Mathematical Analysis and Geometry Day (MaG-D) 2015”. Dalam ajang yang diselenggarakan Sabtu (18/4/2015) lalu di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) ini, UI menurunkan tiga tim.
Juara pertama MaG-D diraih oleh Tim 1 UI yang terdiri atas Yoshua Yonatan (Prodi Matematika UI 2011) dan Sesha Andipa (Prodi Matematika UI 2011). Sementara itu, Tim 2 UI yang terdiri atas Tubagus Dhafin (Prodi Matematika UI 2013) dan M. Khairul (Prodi Matematika UI 2013) berhasil meraih juara ketiga.


MaG-D adalah kompetisi matematika nasional yang diselenggarakan setiap setahun sekali oleh Kelompok Keahlian Analisis dan Geometri ITB. Kompetisi ini secara spesifik memperlombakan kemampuan pemecahan masalah analisis dan geometri di bidang ilmu matematika murni.
Kompetisi Mag-D terdiri atas dua tahap, yaitu tahap penyisihan dan tahap final yang diselingi oleh materi kuliah umum. Kuliah umum pada MaG-D tahun ini menghadirkan Prof. Dr. Hendra Gunawan dan Dr. Sapto Wahyu Indratno sebagai narasumber.

Pada tahap penyisihan, peserta diberikan soal pilihan ganda dan esai singkat dengan materi soal kalkulus, geometri, geometri transformasi, fungsi kompleks, dan fungsi real. Pada tahap ini, peserta berkompetisi secara individu. Selanjutnya, enam tim terbaik dengan nilai gabungan tertinggi berhak mengikuti tahap final.

Tiga tim dari UI berhasil masuk ke tahap final. Dalam tahap ini, semua peserta mengerjakan soal esai dengan materi yang sama dengan materi yang dihadapi pada tahap penyisihan. Selanjutnya, keenam tim tersebut harus mempresentasikan solusi dari soal-soal esai tersebut di hadapan tim juri yang terdiri atas dosen-dosen analisis ITB.

UI berpartisipasi dalam kompetisi ini secara rutin setiap tahun. “Ajang ini merupakan ajang warming up tim sebelum mengikuti event lain yang lebih besar seperti Olimpiade Nasional Matematika dan IPA (ONMIPA) dan International Mathematical Competition (IMC),” ujar Yoshua, salah satu perwakilan tim UI.

Yoshua berharap, dengan kemenangan tim matematika UI di ajang MaG-D ini, UI dapat lebih peduli dan gesit menjaring bakat-bakat emas mahasiswanya. “Karena saya sangat ingin melihat UI, khususnya (Departemen) Matematika, menjadi sebuah kampus riset yang baik,” tutupnya.

Sumber: http://www.ui.ac.id/berita/tim-ui-raih-gelar-juara-di-ajang-matematika-nasional-mag-d-2015.html

1 komentar: