Minggu, 28 Juni 2015

MENUNDUKKAN MATEMATIKA DENGAN CARA MENYENANGKAN

Devi Anggraini Putri
Mahasiswa jurusan Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya 

PENGABDIAN sederhana untuk negeri dengan sasaran pelajar sekolah dasar di desa terpencil di Kampung Pangandaran, Kabupaten Bangkalan, Madura dilakukan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya lewat dana hibah Dikti untuk program kreativitas mahasiswa.

Lewat Cyclopentane Catalyst Program, yang merupakan lima metode meningkatkan mutu pendidikan sains, matematika dan bahasa Inggris berbasis education games. Program ini membawa misi meningkatkan pengetahuan pelajar SD dan mendorong semangat belajar mereka di kelas. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam program ini adalah dengan memberikan pengajaran tambahan di kelas setelah itu melakukan simulasi dengan media permainan ular tangga.


Tak seperti permainan ular tangga pada umumnya, ular tangga ini berukuran 3x3 m dan dadu 15x15 cm. Pertanyaan seputar pelajaran matematika serta pointer pemain adalah diri mereka sendiri.

Disediakan tiga buah dadu dimana dua dadu berisi angka-angka dan satu dadu lagi berisi tanda-tanda matematika seperti perkalian, pembagian, penjumlahan, dan sebagainya sehingga ketika tiga dadu dikombinasikan akan membentuk suatu operasi matematika sederhana.

Dari sini peserta akan memahami operasi matematika sekaligus belajar berhitung dengan cepat. Selain itu permainan ini akan menstimulus mereka untuk menyukai pelajaran matematika yang selama ini dianggap sulit bagi kebanyakan siswa pada umumnya.

Seperti itulah program pengabdian masyarakat yang menginspirasi, membuka pemikiran dan hati lebih luas bahwa masih banyak anak-anak bangsa yang membutuhkan perhatian sesama.
Karena pada mereka yang terpinggirkan itu terdapat mimpi-mimpi besar untuk dirinya sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, bangsa dan negara.


Sumber: http://surabaya.tribunnews.com/2015/06/23/menundukkan-matematika-dengan-cara-menyenangkan

1 komentar: